Fri. Jul 30th, 2021

Sekarang ini sudah banyak makanan kucing yang bisa kita temui di pasaran termasuk seperti makanan kucing maxi. Cat food tersebut dibuat dengan tekstur yang cukup berbeda dan beberapa ada yang harganya sangat mahal. Namun karena dari banyaknya produk makanan yang ditawarkan untuk kucing, sering kali pemilik kucing kebingungan dalam memilih pakan tersebut. Berikut ini akan dibahas cara memilih produk makanan kucing dengan tepat. Sebenarnya menentukan makanan untuk kucing itu cukup mudah asal kita tahu apa saja kebutuhan kucing dan memperhatikan keamanannya juga.

Harus Bergizi Seimbang

Sekarang ini, sudah ada banyak sekali pilihan produk cat food mulai itu dari berbentuk snack sampai makanan utama. Makanan tersebut mengandung berbagai macam formula untuk si kucing. Maka dari itu, pastikan memberi kucing pakan dengan gizi serta nutrisi yang sesuai kebutuhan masing-masing kucing.

Gunakan Dry Food Dengan Nutrisi Lengkap Sebagai Asupan Utama

Biasanya terdapat dua macam pakan dasar untuk kucing yang sering dijual, makanan basah serta makanan kering. Namun harus diketahui, jenis makanan kering lebih cocok untuk dijadikan makanan yang utama karena tahan lama serta harganya yang relatif terjangkau. Di samping itu, memakai makanan kering sekaligus juga bisa melatih gigi si kucing dan bisa mencegah plak. Makanan dry food tak akan menyisakan juga kotoran di gigi kucing, kita pun tidak harus repot membersihkannya.

Gunakan Wet Food Untuk Pakan Alternatif

Untuk yang khawatir asupan air atau kucing kesayangan kemampuan menggigitnya melemah, kita bisa memberi makanan basah. Selain kadar air lebih tinggi jika dibandingkan makanan kering, wet food terdiri dari beragam varian rasa agar lebih efektif kalau kucing kesayangan hilang nafsu makan. Tentunya bukan hanya manusia saja, kucing juga dapat merasa bosan terhadap makanan yang diberikan. Maka dari itu, sebaiknya kalian kombinasikan saja makanan basah dan kering secara berkala. Misal jika telah memberikan makanan kering dengan bahan dasar salmon, berikan wet food dengan bahan dasar ayam. Lebih baik pilih cemilan dengan kandungan bahan utama yang berbeda supaya nutrisi kucing bisa terpenuhi sempurna.

Lengkapi Dengan Snack Untuk Kebutuhan Nutrisi

Kalau kucing kehilangan nafsu untuk makan, sangat disarankan memberinya snack saja. Snack bisa kalian sajikan dalam bentuk topping. Snack juga pas untuk kucing diet. Sebab snack bisa melengkapi kebutuhan berbagai nutrisi tubuh si kucing. Di samping itu, kita dapat menggunakan snack tersebut sebagai hadiah ketika melatihnya. Sekarang ini, terdapat banyak produk snack kucing yang tersedia, mulai yang berbentuk kering, potongan daging, pasta, dan snack lain sebagainya.

Memilih Pakan Sesuai Ras Kucing

Kalau kita perhatikan, tiap produk pakan di toko hewan sudah disesuaikan dengan ras kucing. Kita bisa memilih sesuai karakteristik ras seperti misal bulu atau ciri tubuh yang lainnya. Beberapa merek makanan ternama juga menyediakan makanan yang khusus untuk ras kucing british shorthair, persia, ragdoll, shorthair american, maine coon, himalaya dan sebagainya. Jadi manfaatkan dengan baik berbagai pilihan makanan tersebut yang bisa disesuaikan secara leluasa oleh pemilik kucing terhadap hewan peliharaannya. Biasanya ada pakan yang bisa membuat bulu kucing selalu sehat dan terhindar dari rontok. Tentunya pakan seperti itu yang dibutuhkan untuk kucing persia misal. Demikian saja info kali ini seputar cara pemilihan dan pemberian makan yang tepat untuk kucing. Semoga bisa bermanfaat.