Fri. Jul 30th, 2021

Musik merupakan teman sehari-hari bagi banyak orang. Biasanya agar kita tidak mengganggu orang sekitar, maka dibutuhkan headset. Dari seiring berkembang teknologi juga ada beragam jenis headset sekarang ini. Misalnya saja headset bluetooth yang merupakan perangkat headset yang sangat praktis. Tetapi sebelum membeli headset bluetooth, lebih baik simak tips berikut ini dalam memilih headset tersebut agar tak salah pilih.

Perhatikan fitur yang tersedia

Spesifikasi memang hal penting dalam memilih suatu barang elektronik. Bahkan bagi banyak orang, spesifikasi beserta fiturnya merupakan hal yang terutama dalam memilih perangkat elektronik. Termasuk juga headset yang tanpa kabel ini harus dipilih sesuai dengan fiturnya. Kalian harus ketahui tipe Bluetooth untuk koneksi yang lebih baik, perhatikan juga tipe codec agar pas dengan device-mu. Perhatikan juga fitur penting lain seperti misal noise cancelling, drivers, sensitivity, sweat resistant dan sound isolation. Meski memang membutuhkan waktu, tetapi nantinya kalian bisa menemukan headset bluetooth paling terbaik sesuai kebutuhan anda.

Cek kualitas suara headset bluetooth

Pada dasarnya memang yang paling penting dari perangkat headset adalah kualitas suara. Kamu perlu tahu kualitas suara headset bluetooth yang ingin kamu beli. Caranya bisa dengan cek ke toko langsung, biasanya ada beberapa toko yang menyediakan tes dengar untuk produk headset mereka. Bisa juga dengan membaca review, menanyakan kepada teman yang memang sudah punya dan cara lain. Setiap brand headset bluetooth punya kualitas suara berbeda meski terkadang tidak berbeda jauh. Pilihlah headset bluetooth yang mempunyai kualitas suara paling nyaman untuk telinga kamu.

Cek kompatibilitas

Kamu juga harus memerhatikan kompatibilitasnya dari headset nirkabel yang akan ingin dibeli. iOS memiliki codec AAC atau “Advance Audio Coding”. Sementara untuk Android mempunai codec apt-X, dua-duanya mempunyai kualitas suara terbaik. Kita hanya cukup memilih headset bluetooth yang cocok dengan codec device-mu. Jika berbeda sebetulnya tak menjadi masalah serius, tetapi jika menginginkan kualitas yang maksimal, perlu menyesuaikannya.

Memperhatikan materialnya

Bahan material tiap headset bluetooth bisa berbeda-beda, material ini akan menentukan sebagus apa kualitas suara headset. Sekarang ini, sudah ada banyak earphone nirkabel yang memakai bahan silikon, tetapi material busa atau foam bisa memberikan kualitas lebih bagus. Foam tersebut bisa meredam suara dengan lebih baik dari pada silikon, karena sifat bahan tersebut. Di samping itu, foam akan beradaptasi juga dengan lubang telinga, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih maksimal.

Bentuk headset bluetooth

Tipe dan juga bentuk headset bisa bermacam-macam, ada beberapa pilihan yang bisa dipilih. Misalnya saja bisa memilih headset yang terpisah. Kalau senang berolahraga, maka kamu bisa coba pilih headset bluetooth dengan pemakaian yang menggantung di bagian leher belakangmu supaya tak mudah terjatuh. Tetapi hal yang terpenting adalah harus disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Perhatikan ketahanan baterai

Perhatikan juga baterai headset pilihanmu. Beda dengan headset yang biasa karena tidak memakai baterai, untuk headset bluetooth tentu memiliki baterai supaya dapat digunakan. Kalau kamu merupakan yang sering memakai headset kapan pun dan di mana saja, kamu harus mencari yang kapasitas baterainya besar. Sempatkan waktumu membaca spesifikasi headset bluetooth yang akan dibeli agar tidak menyesal nanti setelah membelinya.

Perhatikan garansi

Hal terakhir yang tidak kalah penting ketika ingin beli headset bluetooth yaitu perhatikan juga garansinya apakah resmi atau distributor. Garansi ini sangat penting, sehingga kita tidak perlu lagi pusing kalau semisal headset mengalami kerusakan.