Thu. May 6th, 2021

Mobil Esemka Garuda 1 saat dilakukan uji coba oleh Pusat Penerangan TNI AU beberapa waktu lalu. (Foto: Screenshots YouTube Ainaro Dm)Mobil Esemka yang terus membuat heboh dengan awal kemunculannya, kini menemui titik terang untuk diproduksi massal pada salah satu tipenya. Hal itu diketahui dan dapat dipastikan karena mobil dengan tipe Esemka Garuda 1 muncul di lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

Tepatnya muncul pada Permendagri Nomor 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020.

Baca Juga :Tak Bisa Sembarangan, Panasi Mobil Matik Ada Perlakuan Khusus

Dilansir dari tempo.co , Humas PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Sabar Budhi membenarkan jika mobil Esemka Garuda 1 telah memasuki masa produksi, akan tetapi masih belum dipastikan untuk harga per unitnya.

“Sudah (diproduksi, pink). Harga belum ada,” singkatnya, Senin (24/eight/2020).

Dalam Permendagri, mobil Esemka Garuda 1 dikualifikasikan pada jenis kendaraan penumpang 4×2 dengan kapasitas 2.zero M/T (Manual Transmission) yang diproduksi pada tahun 2020.

Meskipun Sabar Budhi tidak mengungkapkan untuk harga per unit mobil Esemka Garuda 1, dalam Permendagri disebutkan bahwa Esemka Garuda 1 dipatok dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp 265 juta dan DP PKB Rp 278,25 juta. NJKB sendiri merupakan harga kosongan yang belum termasuk pajak.

Perkiraan, harga OTR (On The Road) yang sudah termasuk pajak untuk per unit mobil Esemka Garuda 1 sekitar Rp 300 jutaan.

Sebagai informasi bahwa saat peresmian pabrik produksi mobil Esemka pada Bulan September tahun 2019 yang juga sekaligus meluncurkan produk pertamanya berjenis Esemka Bima dengan tipe Pick-up 1.2 dan 1.three, Esemka Garuda 1 masih berupa prototipe yang dipamerkan dengan mobil-mobil prototipe milik Esemka yang lain.

Diantaranya mobil Esemka berjenis choose-up yang menggunakan bahan bakar listrik, mobil Esemka anti peluru (Armoured by Esemka) yang di mana mobil anti peluru tersebut dibangun dengan foundation mobil Volvo XC90.

Baca Juga :Tak Mau Mesin Rusak, Pemilik Kendaraan Wajib Perhatikan Tips Ganti Oli Ini

Meskipun belum mendapat informasi secara detail dari Sabar Budhi, berdasarkan berbagai sumber bahwa kemungkinan besar Esemka Garuda 1 akan mempunyai spesifikasi yang kurang lebih sama dengan Sandstorm Alreem yang dipasarkan di Uni Emirat Arab (UEA).

Berdasarkan informasi yang didapat, bahwa mannequin Sandstorm Alreem ini merupakan pengembangan dari foundation Foday Landford yang beredar di pasaran otomotif Cina.

Berkapasitas 7 penumpang dan memiliki mesin 2.0L turbo membuat Sandstorm Alreem dapat menghasilkan daya 215 tenaga kuda. Produk ini pun dibanderol di UEA dengan harga AED ninety eight.999 atau setara dengan Rp 379,9 juta.

Masyarakat pun banyak berharap agar produk mobil Esemka Garuda 1 dapat bersaing dengan deretan mobil SUV lainnya yang dikeluarlan oleh pabrikan model yang telah terkenal.