Sun. May 16th, 2021

Esemka sedang menyiapkan produk baru Garuda 2.zero. Sumber: instagram @esemkaofficial_

TEMPO.CO, Jakarta -Esemka Garuda 1 muncul di lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2020.

Esemka Garuda 1 muncul di nomor urut kendaraan penumpang 4×2 dengan keterangan Garuda 1 2.zero M/T tahun produksi 2020 dengan harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp 265 juta dan DP PKB Rp 278,25 juta. NJKB merupakan harga kosong, sebelum dikenakan pajak. Harga on the highway Garuda 1 diperkirakan Rp 300 jutaan.

Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Sabar Budhi, saat dikonfirmasi Tempo, Senin pagi, 24 Agustus 2020, membenarkan bahwa SUV Esemka itu sudah diproduksi. “Sudah (diproduksi),” katanya singkat. “Harga belum ada.”

Pada saat peresmian pabrik mobil Esemka sekaligus peluncuran pikap Esemka Bima 1.2 dan 1.three, Tempo menjumpai Esemka Garuda 1 dalam bentuk prototipe yang diparkir di dalam pabrik. Model itu dijejer bersama prototipe lain, di antaranya adalah pikap Esemka bertenaga listrik.

Mobil Esemka prototipe di pabrik perakitan Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu 7 September 2019. TEMPO/Wawan Priyanto

Esemka juga memamerkan mobil anti peluru (Armoured by Esemka) yang dibangun dari foundation Volvo XC90.

Dari keterangan yang tertera pada lampiran Permendagri tersebut, Garuda 1 akan dibekali mesin 2.0L bertransmisi handbook. Kemungkinan besar Esemka Garuda 1 akan memiliki spesifikasi yang dengan Sandstorm Alreem yang dipasarkan di Uni Emirat Arab.

Sandstorm Alreem, SUV yang mirip dengan Esemka Garuda, (Sandstorm-Auto.com)

Model ini merupakan pengembangan dari basis Foday Landford yang dipasarkan di Cina. Alreem memiliki kapasitas 7 penumpang bermesin 2.0L turbo dengan daya 215 tenaga kuda. Di UEA, mannequin ini dijual dengan harga AED ninety eight.999 atau setara Rp 379,9 juta.

Video prototipe Mobil Esemka di Pabrik Boyolali:

Lihat Juga