Sat. Apr 17th, 2021


Kehadiran bumbu masak instan sangat membantu banyak ibu rumah tangga dalam mempersiapkan masakan bagi keluarga dengan cepat dan praktis. Meskipun bumbu instan mudah ditemui di pasaran dan sangat memudahkan pekerjaan Anda dalam mempersiapkan hidangan, Anda perlu berhati-hati.

Hal ini karena bumbu instan kemasan yang biasa Anda temui di supermarket mengandung berbagai zat yang kurang baik bagi kesehatan keluarga seperti monosodium glutamate atau MSG serta bahan pengawet. Mungkinkah menggunakan bumbu instan untuk membuat masakan yang sehat bagi keluarga?

5 Cara Mempersiapkan Masakan Sehat dengan Bumbu Instan

Sah-sah saja menggunakan bumbu instan selama Anda mengikuti ‘aturan’ yang berlaku dalam mengolah masakan sehat bagi keluarga tercinta. Aturan apa yang harus diikuti dalam menggunakan bumbu instan? Berikut beberapa tips yang menjaga keluarga tetap sehat meskipun Anda menggunakan bumbu instan.

  • Pilih bumbu instan pasta yang masih segar

Seperti yang Anda ketahui, bumbu instan tersedia dalam berbagai pilihan: bumbu pasta segar yang baru digiling di pasar, bumbu pasta kemasan yang dijual di supermarket, dan bumbu instan kering yang juga dijual di pasar dan supermarket. Yang manakah yang paling baik?

Bumbu instan pasta yang dibuat dari bahan segar dan dijual di pasar biasanya tidak mengandung zat-zat berbahaya seperti MSG dan bahan pengawet. Utamakan menggunakan bumbu instan pasta tersebut dan kurangi penggunaan bumbu instan yang dijual di supermarket.

  • Kombinasikan bumbu instan dengan bahan makanan sehat

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan bumbu masak instan, pastikan seluruh masakan yang akan Anda hidangkan ke keluarga memenuhi kebutuhan gizi keluarga yaitu mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, serta protein. Hidangkan makanan yang bervariasi.

  • Gunakan bumbu instan dengan bersahaja

Apa maksudnya? Anda perlu sangat berhati-hati dalam menggunakan bumbu instan, terlebih bumbu instan pasta dan kering yang Anda beli dari supermarket. Gunakan secukupnya dan kombinasikan dengan rempah segar agar keluarga tercinta tidak mengkonsumsi terlalu banyak zat yang berbahaya.

  • Buat dan ikuti jadwal untuk menghidangkan masakan sehat

Keluarga Anda harus menikmati hidangan makanan yang sehat secara teratur. Meskipun menggunakan bumbu instan, dengan menyediakan makanan secara teratur maka keluarga Anda akan mendapatkan asupan gizi secara teratur setiap harinya.

Biasakan anak-anak dan anggota keluarga Anda untuk menikmati sarapan, makan siang, serta makan malam sesuai dengan jadwal yang ditentukan sejak dini sehingga kebutuhan gizi mereka selalu terjaga, tidak soal masakan yang Anda sediakan menggunakan bumbu alami atau bumbu instan.

  • Mengombinasikan bumbu instan dengan rempah segar

Hindari menggunakan bumbu instan tanpa campuran rempah segar. Rempah segar akan membantu memperkuat cita rasa masakan Anda. Pastikan rempah yang Anda gunakan sebagai campuran bumbu instan masih dalam keadaan segar atau tidak tersimpan terlalu lama di penyimpanan Anda.

Rempah yang sudah tersimpan terlalu lama akan kehilangan senyawa atau kandungan alami yang penting dan tidak akan mampu memperkuat rasa dan aroma olahan masakan Anda. Selalu perbarui simpanan rempah setidaknya 6 bulan sekali agar rempah yang Anda gunakan selalu dalam kondisi baik.

Membeli Bumbu Instan dan Bahan Langsung dari Pemasok

Selain berbelanja bumbu masak instan, Anda juga bisa membeli berbagai bahan masakan berkualitas langsung dari para pemasok dan petani Indonesia tanpa harus bertemu dengan mereka. Unduh saja aplikasi TaniHub untuk memesan berbagai produk segar berkualitas langsung dari rumah.